Loading Events

« All Events

  • This event has passed.

Wapena – Kajian menjelang Iftar – Gerakan 3M: Mari Makmurkan Masjid

April 7 @ 17:00 - 19:00 CEST

Assalamualaikum wr. wb.

Tak banyak masjid yang setiap sholat subuh jamaahnya selalu penuh, bahkan meluber hingga ke pelataran dan ruas jalan di depan masjid, karena tak tertampung lagi di bagian dalam. Salah satu dari sedikit masjid dengan kondisi seperti itu adalah Masjid Jogokariyan. Berdiri sejak tahun 1966, berlokasi di Jogokariyan, kampung yang terletak di salah satu sudut kota Yogyakarta, masjid tiga lantai yang berdiri di atas tanah wakaf seluas 700 meter persegi ini menjadi buah bibir sejak sekitar satu dasawarsa terakhir.

Selain terkenal dengan jamaah sholat subuh yang ramai, masjid yang buka 24 jam dengan akses wifi gratis 24 jam ini juga tersohor untuk sejumlah hal lain, misalnya saja saldo kas infaq selalu nol. Ketika banyak pengelola masjid merasa senang saat mengumumkan saldo kas mereka yang bernilai jutaan rupiah, pengurus Masjid Jogokariyan berpandangan sebaliknya: dana infaq yang diberikan jamaah harus secepatnya diubah menjadi amal, dengan segera menyalurkannya kepada mereka yang membutuhkan.

Untuk tiba pada titik fenomenal seperti ini, tentu perjalanan singkat satu atau dua tahun. Ini merupakan buah dari perjuangan panjang para pengurus Masjid Jogokariyan. Salah seorang motor penggerak utamanya adalah Ustadz Muhammad Jazir, Ketua Dewan Syuro Takmir masjid tersebut.

Warga Pengajian Austria (Wapena) mengundang Ustadz Jazir sebagai narasumber di acara Kajian spesial Ramadhan 1443H, untuk berbagi pengalaman mengenai perjalanan dan perjuangan Masjid Jogokariyan hingga menjadi contoh bagi banyak masjid lain dalam upaya memakmurkan masjid.

Kajian bertema “Gerakan 3M (Mari Makmurkan Masjid)” ini insyaallah akan diselenggarakan pada:

🗒️ Kamis, 7 April 2022
⏰ 17.00 – 19.00 CET/22.00 – 24.00 WIB
📪 Ruang zoom: https://bit.ly/kajianramadhan070422 dan disiarkan langsung melalui kanal Youtube @wapenaonline

Mari bergabung meramaikan kajian ini untuk menyimak langsung dari narasumber yang memiliki pengalaman bertahun-tahun memajukan salah satu masjid yang kini menjadi fenomena ini.

Wassalamualaikum wr. wb.

Details

Date:
April 7
Time:
17:00 - 19:00 CEST