Info Haji FORKOM 2021 Bagian 01

Hasil Rangkuman pertemuan Online dengan Herr Hasan Balcok, tanggal 30 Januari 2021

Saat ini kita sedang berada di kondisi yang belum pernah kita alami, yaitu pandemi COVID-19. Disisi lain kita beruntung sebagai seorang muslim, bahwa kita meyakini itu adalah ujian yang datang dari Allah.

 Kita sudah mempersiapan segalanya, namun Allah punya rencana yang lebih baik. Kita sudah memiliki rencana untuk berangkat haji tahun lalu, dengan plan yang selesai dan matang. Namun Allah memiliki kehendak lain dengan mendatangkan ujian di kehidupan kita berupa pandemi sehingga merubah apa yang telah kita rencanakan.
 Dari situ semoga ini termasuk bagian dari ibadah kita juga, semoga Allah meringankan ujian kita dan segera mengundang kita ke tanah suci, karena hanya Allah yang bisa memberikan undangan kita untuk menunaikan ibadah haji.


1.      Dikesempatan ini kita berupaya untuk tetap menjaga kontak dan hubungan kepada komunitas FORKOM dan para jamaah selagi menunggu dan mengisi waktu sampai datangnya kabar dan informasi baru dari kementrian Arab Saudi. 

2.      Kita sudah mempunyai beberapa rencana, dan jika kita masih menunggu Bedingungen, ada kemungkinan untuk bisa mengurangi kuota 55 Haji, bisa jadi seperti yang menteri haji telah katakan, dengan quota 50%, maka boleh segitu aja kita udah bersyukur.

3.      Jika hal seperti itu terjadi, maka kemungkinan besar akan kita dahulukan jamaah 2020. Kita mengambil jamaah haji berdasarkan prioritas siapa yang telah mendaftar lebih awal.

4.      Bisa jadi ada Altersbeschränkung, usia 18 keatas dan batas maksimal.

5.      Bisa jadi ada Impfpflicht. Kemungkinan adanya suntik vaksin untuk mencegah virus corona untuk pemberangkatan haji ke depan. Tapi semua itu hanya teori saja, keputusan akhirnya ada pada minister haji di Saudi Arabia.  

6.      Apa yang bisa kami sampaikan adalah bahwa kami selalu ada untuk saudara-saudara semua. Jika saudara ingin menunaikan haji, segera berkomunikasi dengan kami dan Balcok.

7.      Jika ada yang ingin Stornierung Program Haji dimohon segera disampaikan, kita akan refund 100% biaya yang sudah dibayarkan. Option yang diberikan Balcok jika pandemi masih berkelanjutan dan  jamaah haji ingin membatalkan kontrak dan merefund, maka kami akan mengembalikan uang tersebut 100%.

8.      Prioritas nomor satu bagi Balcok adalah kepercayaan. Itulah yang membuat kami tetap berjalan hingga saat ini. Di situasi pandemi seperti ini, dimana toko-toko dan banyak kantor tutup, kami justru sebaliknya tetap membuka diri dan berupaya selalu ada untuk dihubungi agar bertujuan menjaga kepercayaan teman-teman dan para jamaah kepada kami. 

9.      Di 2-3 minggu kedepan kita akan membuka pendaftaran kembali untuk haji di tahun depan. Karena untuk memberangkatkan haji tiap tahunnya, kami harus mengetahui calon jamaah haji satu tahun sebelumnya sehingga kami tahu apakah akan mengadakan haji atau tidaknya di tahun depan. 

10.   Kami menyarankan agar para jamaah haji yang sudah terdaftar dari tahun 2019 untuk membiarkan dan menyimpan datanya (tidak merefund) di Balcok, agar tetap terhitung sebagai list prioritas untuk berangkat haji besok. Karena bagi yang telah terdaftar haji tahun lalu, mereka mendapatkan kesempatan besar untuk berangkat haji tahun ini.   

11.   Mengenai kemungkinan adanya regulasi baru tentang haji, seperti adanya pembatasan negara-negara yang diperbolehkan haji atau durasi lamanya hari untuk melaksanakan haji itu masih berupa teori dan spekulasi yang belum pasti. 

Tanya-Jawab Bersama Herr Hasan Balcok 

1.      “Sampai kapan jamaah harus menunggu?“ 

Ini jawaban yang sulit bagi Balcok, karena Balcok sendiri masih bergantung dengan kabar dan informasi dari kementrian Arab Saudi. Namun pastinya kementrian arab saudi akan memberikan kabar terbaru lagi kedepannya 2 bulan sebelum Abflug atau jadwal pemberangkatan haji yang terncana tahun ini, 

2.      “Wie gehts im Allgemein die Lage Ihres Unternehmens?“ 

Viele in Schwierigkeiten. Natürlich dies macht uns Sorge. – Banyak perusahaan terkena Insolvenz, tapi alhamdulillah kita sudah 53 tahun di industri ini, sampai hari ini tentu banyak kesulitan (termasuk kerugian). Tapi bagi kami alhamdulillah bisa bertahan dari dukungan tim dan kepercayaan jamaah kami dan tentunya ada bantuan dari pemerintah untuk perusahaan kami.

3.      “Terus terang dengan keadaan pandemi sampai saat ini, Saya tidak di perkenankan suami untuk berangkat ditahun ini seperti tahun lalu😞. bagaimana  jalan keluarnya ? inshaa Allah Saya tetep ingin berangkat tetapi sepertinya tidak untuk tahun ini..terimakasih”

Empfehlung dari kami untuk membiarkan data dan uangnya tetap di Balcok, supaya dapet Platz dan Prioritas untuk berangkat haji di tahun depan.

4.      “Seandainya tahun ini tidak ada Haji, apa kita perlu daftar lagi untuk tahun depan atau yang tahun ini daftar sudah otomatis terdaftar untuk tahun depan?
Ya tentu saja, nanti akan adanya pendataan dengan balcok dan FORKOM. Otomatis terdaftar tetapi perlu konfirmasi kembali dari jamaah.

5.      “Ada dua plan, kurz dan lang. Mungkin ngga, bisa cuma ada satu plan, lalu kapan batas pendaftarannya? kita ingin informasi sedini mungkin”
Tentunya bisa ada peraturan-peraturan baru, bisa jadi nanti ada karantina, bisa jadi nanti ada Begrenzung ditawar lain-lain. Ya, bisa jadi ada jadwal baru, tapi saat ini itu semua masih teori dan belum ada sumber yang pasti. Sedangkan kami tidak ingin memberikan informasi berdasarkan spekulasi.
Sulit untuk menjawab karena kami juga tergantung pada informasi resmi.

6.      “Saya sudah daftar lagi via form online di Balcok untuk tahun 2021 yang lange Zeit tapi ingin merubah menjadi kurz Zeit, apa bisa?”
Ya bisa, kirim saja email ke FORKOM atau langung ke Balcok.

7.      „Ada kabar burung sudah boleh umrah, apakah benar?“
Kami kurang tahu berkaitan dengan hal tersebut. Kemungkinan ada beberapa negara yg sudah memberangkatkan umroh tapi bisa jadi illegal. Saya trus memantau Mekka Live dan memang saya liat jumlah orang disana bertambah. Tapi kami tidak tahu apakah mereka orang yang memang menetap disana apa dari luar.

8.      “Mengenai pembayaran  untuk tahun ini sama seperti tahun lalu dimana yang lunas akhir Februar tidak bayar lagi haji tamattu?”
Kita tidak ingin ada penambahan harga, tapi jika harus ada karena adanya aturan dan kebijakan baru, maka harus dibicarakan lagi dengan jamaah.

 9.      “Jika jamaah Haji FORKOM hanya dalam jumlah/kelompok kecil tahun ini apakah nanti juga akan mendapatkan pendamping Haji berbahasa Indonesia atau bergabung dengan jamaah lain dari balcok (dengan berbahasa full Jerman) ?“
Tentu kita sangat paham itu keinginan jamaah semua, apapun yang menunjang Zufriedenheit jamaah bisa dibicarakan dengan FORKOM. Tapi kalau misal cuma 10 jamaah, maka itu akan sulit. Namun kami tetap berupaya untuk memberikan layanan dan fasilitas terbaik untuk jamaah haji. Tentunya semua kemungkinan tersebut akan kita bicarakan kembali dengan pihak FORKOM.

10.   “Adanya undangan webinar atau seminar dari Balcok apa itu offiziell dan apakah yang dibahas sama? (Meeting lain dari Balcok tgl 3 Februari, dapet via email)“
Iya itu benar dari Balcok.Tema yang dibahas pun sama seperti pertemuan hari ini bersama Forkom, namun disini lebih umum dan bersama para jamaah lain dengan berbahasa jerman. Bisa jadi dapet email karena terdaftar di grup, tapi ngga perlu dirisaukan. Kalo jamaah FORKOM meeting bersama-sama yang indonesia saja sudah cukup.

diedit oleh AFP

Recommended Articles